in

Tips Memandikan Bayi Belum Lepas Tali Pusat

Bagi ibu muda, memandikan bayi baru lahir terdengar begitu menakutkan. Terlebih lagi bila bayi baru lahir ini belum terlepas tali pusatnya. Maka dijamin, memandikan bayi akan lebih mendebarkan lagi. Padahal tak perlu sekhawatir itu. Memandikan bayi baru lahir pada saat tali pusat belum lepas hanya membutuhkan tips dan juga cara yang tepat. Jangan lupa juga siapkan segala keperluan yang dibutuhkan. Seperti misalnya tisu, kapas, waslap, serta tentunya sabun bayi yang aman.

Cara memandikan bayi yang baru lahir dengan tali pusat belum lepas, bisa mengikuti beberapa tips berikut ini.

Baca Juga : Ini Loh Usia Yang Cocok Mengenalkan Bayi Olahraga

1. Tak perlu gunakan bak mandi

Tak perlu gunakan bak mandi

Untuk memandikan bayi baru lahir dengan tali pusat belum terlepas, tak perlu menggunakan bak mandi. Sebaliknya, mandikan bayi di meja untuk mengganti popok. Selain itu juga bisa di permukaan datar apapun. Berikan alas yang empuk pada permukaan untuk memandikan bayi. Lebih baik lagi bila menggunakan alas khusus untuk mandi yang tahan air sekaligus tetap empuk. Ini akan lebih baik karena tak perlu takut bayi tergelincir karena licin.

2. Siapkan air hangat

air hangat

Ketika memandikan bayi baru lahir, pastikan menggunakan air hangat. Beberapa sumber memang ada yang menganjurkan menggunakan air dingin. Namun berdasarkan penelitian, suhu yang terlalu dingin tidak baik untuk bayi yang baru lahir. Sehingga pastikan untuk menggunakan air hangat suam suam kuku untuk mandi.

Baca Juga  Cara Supaya Anak Cepat Jalan Sesuai Yang Di Harapkan

3. Gunakan sabun bayi yang aman

Gunakan sabun bayi yang aman

Berikutnya gunakan sabun bayi yang sudah terbukti aman. Sabun bayi ini memiliki pH seimbang dan juga mengandung gliserin. Sehingga aman untuk kulit bayi baru lahir yang masih tipis serta lembut.

Baca Juga : 8 Cara Cepat Menumbuhkan Rambut Bayi Secara Alami

4. Gunakan waslap

Pada saat memandikan bayi baru lahir ini, gunakan waslap untuk menyeka seluruh tubuh. Baru kemudian basahi waslap dengan air dan juga sabun. Gosokkan secara perlahan pada tubuh bayi. Terutama pada lekukan tubuh. Setelah itu baru bilas kembali dengan waslap.

Tips cara memandikan bayi di atas juga termasuk dengan membersihkan tali pusat dengan kapas yang tidak berserat.

What do you think?

1 point
Upvote Downvote

Written by Mandirisaja

Mandirisaja.com mencoba memberikan hal yang bermamfaat bagi penikmat pembaca artikel karena semakin banyak membaca ! ilmu pengetahuan otomatis semakin bertambah.

" Kasih saya masukan dan comentar yang bersifat positive"

Naik Gaji

10 Tips Naik Gaji Yang Perlu Anda Ketahui

ASI di Awal Kelahiran Bisa Selamatkan Bayi

ASI di Awal Kelahiran Bisa Selamatkan Bayi