Baca 6 Tips Membeli Kamera Mirrorless ini Sebelum Menyesal

oleh -79 views
Tips Membeli Kamera Mirrorless

Kamera Mirrorless merupakan jenis kamera yang sedang naik daun, tak heran banyak kalangan anak muda jaman sekarang banyak sekali menggunakanya untuk berfoto, selfie, bahkan hingga asik dalam membuat video blog atau lebih dikenal dengan Vlog. Ukurannya yang kecil dan mempunyai desain yang menarik merupakan salah satu alasan kamera ini banyak diminati orang karena mudah untuk dibawa kemana-mana.

Kadang ada beberapa yang keliru dalam pembelian kamera ini karena tidak mempertimbangkan beberapa aspek yang harus dipelajari dahulu sebelum membeli, nah bagi Anda yang baru pertama mengenal kamera dan berniat untuk membeli kamera mirrorless berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda pelajari sebelum membeli, langsung saja untuk tips yang pertama adalah :

1. Sesuaikan dengan Kebutuhan

Kebutuhan kamera

Tips yang pertama adalah sesuaikan dengan kebutuhan Anda, jadi sebelum membeli pikirkan dengan matang apa tujuan Anda dalam membeli kamera tersebut. Apakah untuk memotret pemandangan atau hanya sekadar dokumentasi atau untuk membuat Vlog yang akan diupload disosial media. Jika sudah menentukan maka Anda bisa memilih kamera dengan kualitas sesuai kebutuhan.

Setiap pabrikan kamera pasti mempunya keunggulan masing-masing, jadi sesuaikan dengan kebutuhan. Misal Anda suka vlog maka resolusi video, kemudian LCD yang bisa dihadapkan ke depan merupakan salah satu fitur yang harus ada.

Baca Juga  Bagaimana Aplikasi Saham yang Tidak Bodong?

2. Harga Kamera

Harga Kamera

Meski semboyan ada harga ada kualitas berpengaruh namun tidak selamanya Anda harus selalu membeli dengan harga mahal, karena apabila kebutuhan Anda sudah bisa dipenuhi oleh salah satu pabrikan dengan harga yang murah maka tidak perlu membeli yang mahal-mahal karena bisa untuk membeli lensa.

Baca Juga : Hindari Unggah Foto Anak Anda di Medsos Tidak Baik

Jadi belilah kamera mirrorless dengan harga yang Anda mampu dan sudah memenuhi kebutuhan Anda. Karena masih tahap belajar tidak perlu membeli kamera mahal-mahal dengan segudang fitur tapi Anda tidak bisa memaksimalkan apa yang ada di kamera tersebut.

3. Sensor

sensor kamera

Tips selanjutnya adalah memilih sensor, sensor pada kamera mirrorless sangatlah menentukan kualitas gambar atau video yang akan dihasilkan, jika kebutuhan Anda hanya untuk memotret dan mengabadikan dalam video maka sensor APS-C maupun CMOS sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan Anda tersebut. Meskipun pilihan sensor yang lain ada.

Namun jika Anda membutuhkan kejernihan dan kualitas gambar yang besar makan pilihlah sensor Fullframe atau medium format. Karena sensor tersebut akan menghasilkan gambar super jernih, namun perlu Anda ingat bahwa harga kamera dengan sensor fullframe atau medium format lebih mahal dibanding dengan sensor APS-C maupun CMOS.

4. Ketersediaan Lensa

Ketersediaan Lensa

Hal lain yang harus diperhatikan adalah ketersediaan lensa dari brand yang Anda pilih. Meskipun sekarang sudah ada konverter namun jika lensa dan body kamera yang Anda gunakan satu merek akan mengahasilkan gambar yang lebih bagus. Misalnya ketika Anda membutuhkan lensa tele makan lensa tersebut sudah ada dan kompatibel dengan kamera yang Anda miliki.

Baca Juga  Automatisasi Payroll Lebih Mudah Dengan Software LinovHR

Ditahun 2018 ini banyak sekali vendor pihak ke 3 yang memproduksi lensa yang kompatibel dengan kamera mirrorless, namun jika Anda mempunyai body yang menggunakan sensor fullframe makan harus lebih hati-hati dalam memilih lensa karena tidak semua lensa bisa support dengan sensor fullframe.

5. After Sale

After Sale kamera

After sale atau purna jual merupakan tips yang Anda perhatikan juga, jangan sampai purna jual kamera yang Anda beli sangat turun. Karena kebiasaan seorang fotografer ketika ilmu atau kemampuan bertambah makan gear / kamera yang digunakan juga akan diganti atau di-upgrade. Jadi purna jual dari kamera yang akan Anda beli harus diperhatikan juga.

6. Fitur Tambahan

Fitur Tambahan kamera

Tips terakhir dalam membeli kamera mirrorless adalah fitur tambahan yang disediakan, karena dengan banyaknya fitur yang disediakan biasanya akan semakin mempermudah dalam pengoprasian kamera tersebut misalnya fitur NFC atau Wifi yang memungkinkan Anda mengoprasikan kamera melalui smartphone yang Anda miliki.

Nah itulah tips dalam membeli kamera mirrorless untuk Anda sebagai pemula dalam bidang fotografi maupun videografi, jadi setelah Anda membaca tips tersebut diharapkan tidak keliru dalam pembelian kamera tersebut karena sudah disesuaikan dengan kebutuhan yang diperlukan. Dan ketersediaan lensa yang akan digunakan dalam kegiatan sehari-hari.

Comments

comments