10 Tips Mengerjakan Skripsi Supaya Cepat Sidang Dan Diwisuda

oleh
Mengerjakan Skripsi
Image : Pixabay

Tips Mengerjakan Skripsi – Gimana yang sudah memasuki Semester akhir, sudah mulai seru donk dengan pedekate sama skripsinya, eits jangan lupa juga pedekate sama dosen pembimbingnya. Nanti, jangan heran dan jangan terkejut bila sudah memasuki semester akhir kamu akan mendapatkan banyak pertanyaan-pertanyaan seperti ini : “Kapan lulus?”.”Kapan sidang?”, “Bab berapa sekarang?” “Gimana Kabarnya Skripsi?” ingat jangan panik tetap woles and stay cool oke para pejuang toga 😀 ,

Oke postingan sekarang akan membahas Tips Mengerjakan Skripsi biar Skripshitmu jadi skripsweet. Ulallalalala… Begitu indahnya semester akhir maka nikmati setiap detiknya, karena skripsimu hanya sekali kamu lalui, inget nikmati nikmati dan nikmati, suatu saat kamu akan merasa terharu bila mengingat perjuangamu waktu disemester akhir. 🙂 #SalamOlahRagaSkripsi.

Berikut tips mengerjakan skripsi disimak yah…

1. Niat

Niat
Image : Pixabay

 

Ini yang pertama harus dilakukan yaitu niat, yaaa kan, niat ga sih kamu skripsi atau masih betah dikampus biar jadi senior agak lama gitu :). Niat ini sangat penting banget, kalau di ibaratkan mau membangun rumah, niat itu pondasi awalnya jadi harus kuat, kokoh dan terpercaya (kayak jargon iklan deh). Tetapkan niat yang kuat kawand.

2. Tetapkan Target

Tetapkan Target
image : Pixabay

 

Selanjutnya adalah tetapkan target kapan kamu lulus, bahkan lebih rinci lagi targetnya untuk menyelesaikan skripsi kamu, tahap demi tahapnya, mulai dari target selesai bab per bab, bimbingan, dan target ikut sidang skripsinya. Percaya deh bila kamu tidak punya target dijamin pasti lama mengerjakan skripsinya karena no target = no prioritas = no ngkrong deh, lama juga deh pakai toganya nanti. Tulis targetnya dan tempel di dinding atau jadikan wallpaper desktopmu.

3. Konsultasi dengan Senior

Konsultasi dengan Senior
Image : Pixabay

 

Ini yang disuka konsultasi dengan senior, biasanya kalau mau mengajukan judul atau tema yang mau kita skripsikan kita mulai kesulitan dalam mencari judul dan tema nya dikarenakan sudah banyak sekali skripsi yang numpuk diperpustakaan (kehabisan judul), itulah gunanya konsultasi dengan yang sudah berpengalaman = senior. Biasanya dengan diskusi ringan dengan senior kita akan mendapatkan pencerahan, dari sanalah akan muncul ide ide untuk tema yang bisa kamu jadikan judul skripsi (trust me it’s work) pengalaman sih. Jangan lupa minta tips mengerjakan skripsi biar cepet selesai.

4. Kerjakan, Kerjakan dan Kerjakan skripsimu

Kerjakan, Kerjakan dan Kerjakan skripsimu
Image : Pixabay

 

Jangan lupa kerjakan skripsinya, karena waktu-waktu di semester akhir itu memang ajaib secara tidak terduga akan ada hal-hal yang mengganggu dan menghambat skripsi kamu dengan sangat halus, misal bila punya toko online kadang-kadang akan jadi rame dan lupa deh sama skripsinya, kadang-kadang juga ada tawaran bisnis yang sangat menggiyurkan dan sayang sekali kalau harus ditolak dan satu lagi masalah percintaan akan tiba-tiba berkobar (nanti saja rasakan efeknya). Makannya tulis yang besar di kepala kamu, kerjakan,kerjakan,kerjakan.

5. Komitmen

Komitmen
Image : Pixabay

 

Selalu komtmen dengan skripsi kamu, jangan pernah diabaikan atau dilupakan karena ini perjuangan terakhir kamu di kampus, lakukan dengan baik bahkan dengan terbaik. Focus adalah kuncinya, karena akan ada masalah-masalah yang akan mengganggu secara terus menerus agar skripsi kita tidak selesai, gangguan yang paling besar adalah dari diri kita sendiri tentunya yang kamu sebut dengan MALAS.

Baca Juga nih sob : Tips Mengerjakan Skripsi Menjadi Script-Sweet Selesai Tepat Waktu

6. Jangan Selalu Menunda

Jangan Selalu Menunda
Image : Pixabay

 

Salah satu yang sangat menghambat skripsi adalah ini menunda dan menunda setiap aktivitas yang berhubungan dengan skripsi, menunda mengajukan judul, menunda bimbingan dan menunda-nunda hal lainya yang berhubungan dengan skripsi kamu, biasanya hal yang umum yang dapat membuat menunda adalah tidak ada teman atau yang menemani, maksudnya kalau mau ngajuin judul itu harus bareng teman, bimbingan harus bareng teman kalau temennya ga bimbingan ikut juga ga bimbingan, masalah ini kecil tapi sangat berpengaruh. Kalau sudah masuk semester akhir sudah masuk perjuangan masing-masing, egoisitas itu ga apa-apa, pointnya adalah jangan bergantung kepada teman.

7. Kurangi Sosmed

Kurangi Sosmed
Image : Pixabay

 

Ini juga gangguan yang luar biasa susah untuk di tangkalnya, bersosmed ria. Nanti coba deh ada waktunya kalau mau ngerjain skripsi (buka file word) terus buka browser, dijamin paling lama mantengin browser dan file skripsi nanti besok aja lagi. Hal hal itu pasti akan berulang-ulang dan akan menghambat laju skripsi kamu. (pengalaman juga sih).

8. Cukup Tidur

Cukup Tidur
Image : Pixabay

 

Jaga kesehatan juga sangat penting dalam menjalankan tugas terakhir kampus ini = skripsi, kondisi tubuh kita harus tetap fit. Karena akan banyak energi yang akan kita pergunakan dalam perjuangan skripsi ini, mulai dari debat dengan dosen pembimbing, bepergian kesana kemari mencari dosen pembimbing, mencari tanda tangan ini itu, melengkapi syarat ini itu, pokoknya banyak deh, jadi must be sehat wal afiat. Salah satunya cukup tidur, tapi kebanyakan yang mengerjakan skripsi itu malam-malam dan bergadang, sedikit tips kalau mau mengerjakan skripsi malam-malam, coba jam 20.00 mulai tidur dan bangun jam 02.00 pagi, kerjakan dijam itu insyaallah otak kamu lagi fresh banget. karena waktu 02.00 – 03.00 itu adalah waktu ajaib. Trust Me it’s work.

9. Update Informasi

Update Informasi
Image : Pixabay

 

Ini penting juga, update informasi tentang perkembangan dikampus khususnya tentang hal yang berhubungan dengan skripsi, bisa tentang jadwal seminar skripsi, jadwal ujian kompre, jadwal sidang, infomasi pembayaran, informasi syarat sidang dan lain-lain. Hal kecil ini bisa fatal akibatnya bila kamu terlewati satu informasi tentang skripsi, misal karena ga tau jadwal sidang skripsi kamu jadi nunggu sidang skripsi semester yang akan datang, kan ga seru itu -_-”.

10. Minta Do’a

Minta Do’a
Image : Pixabay

 

Ini yang terakhir yang paling penting juga, berdo’a perbanyak deh berdo’a biar dimudahkan, dilancarkan perjuangan skripsinya. Minta do’a orang tua, saudara, teman, sahabat atau pacar (bila punya) kalau engga juga ga apa-apa.

Demikianlah tips mengerjakan skripsi dari saya semoga ada manfaatnya walau sedikit, oh iyah jangan lupa nanti berkunjung lagi ke mandirisaja.com untuk artikel-artikel lainnya. Biar ga lupa Tekan CTRL+D aja buat membookmark halaman ini.

Terima Kasih, Salam Sukses dan Semangat untuk Para Pejuang Toga… \(^-^)/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *