Tips Mengerjakan Skripsi Menjadi Script-Sweet Selesai Tepat Waktu

oleh
tips mengerjakan skripsi
gambar via : pixabay

Siapa di antara kamu yang sekarang sedang berstatus mahasiswa tingkat akhir? Apa rasanya jadi mahasiswa tingkat akhir?

Maka tips mengerjakan skripsi sangat cocok buat kamu,Mungkin beberapa dari kamu merasa senang karena akhirnya perjuanganmu setelah sekian lama telah membawamu pada tahap akhir dari perkuliahan yang kamu jalankan.

Beberapa orang dari kamu mungkin justru merasa galau karena sudah memasuki tingkat akhir dari kehidupan perkuliahan.

Pertanyaan berikutnya, apa tugas atau pekerjaan kamu di tingkat akhirmu ini? Masih adakah di antara kamu yang harus menjalani kuliah karena harus mengulang mata kuliah?

Ya, menjadi mahasiswa tingkat akhir tidak selalu semudah yang dibayangkan.

Selain menjadi tahun dimana mengulang mata kuliah yang tidak lulus, tingkat akhir menjadi permulaan dari sebuah tugas akhir mahasiswa yang disebut dengan skripsi.

Skripsi atau belakangan beberapa mahasiswa menjadikan ejaanya script-sweet, demi mengumpulkan semangat mengerjakan tugas akhir ini.

Apa Itu Skripsi

apa itu Skripsi
gambar via pixabay

 

Secara umum skripsi dapat dijelaskan sebagai karya tulis ilmiah dalam bentuk pemaparan hasil penelitian yang disusun oleh sarjana strata satu atau S1.

Skripsi yang disusun oleh seorang calon sarjana ini adalah sesuai dengan bidang ilmu yang ditekuni.

Penyusunan skripsi diharapkan dapat melatih mahasiswa untuk menuliskan hasil penelitiannya dalam tulisan yang sifatnya ilmiah.

Tujuan utamanya agar calon sarjana dapat melatih diri dalam kemampuannya memadukan pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki untuk memahami, menganalisis, menggambarkan, termasuk menjelaskan lebih lanjut masalah yang terkait dengan bidang keilmuan yang ditekuni.

Mendengarnya membuat skripsi bukanlah hal yang mudah disusun, bukan?

Skripsi, persyaratan utama seorang mahasiswa dapat memperoleh gelar atau status sebagai seorang sarjana.

Tentunya bukanlah hal mudah, bahkan seringkali skripsi menjadi semacam momok yang menghantui setiap mahasiswa.

Diperlukan motivasi, dorongan bagi setiap mahasiswa yang ingin atau sedang berada dalam proses pengerjaan skripsi.

Ya, diakui atau tidak, proses mengerjakan skripsi sangatlah menguras energi dan tenaga.

Tahap demi tahap yang harus dilalui dalam penelitian demi menyusun sebuah skripsi membutuhkan pengorbanan, baik dari segi waktu, tenaga, bahkan finansial sekalipun.

Ketekunan, semangat, dan tekad juga dibutuhkan agar sebuah penelitian dalam rangka menuliskan skripsi selesai tepat waktu.

Adanya waktu tertentu yang ditetapkan untuk pengerjaan skripsi. Di sebuah universitas, umumnya skripsi dikerjakan sampai batas waktu maksimal semester yang dapat dilalui mahasiswa.

Tetapi bukankah banyak di antara kamu yang menginginkan untuk bisa segera menyelesaikan skripsi? Untuk itulah terdapat tips ini yang dapat mendorong, memotivasi diri kamu supaya bisa mengerjakan dan menyelesaikan skripsi sesegera mungkin, as soon as possible.

Tips Mengerjakan Skripsi

1. Ingatlah bahwa orang tua, bapak dan ibu menunggu kelulusanmu selalu.

tips mengerjakan skripsi 1
gambar via www.abiummi.com

 

Orang tua tidak dipungkiri selalu menggantungkan harapan yang tinggi pada putra dan putrinya.

Termasuk saat menyekolahkan putra dan putri mereka ke jenjang perguruan tinggi, baik bapak atau ibu selalu menginginkan dapat melihat anak tercinta mereka memakai toga.

Orang tua selalu mengingnkan anaknya mendapat gelar sarjana.

Perjuangan orang tua untuk membiayai kuliah tentulah tidak mudah. Bapak dan ibu bekerja keras demi membayar uang kuliah setiap semesternya.

Orang tua rela mengerjakan dan melakukan apapun agar putra-putri mereka dapat dengan tenang menjalankan perkuliahannya tanpa kekurangan pada setiap apa yang dibutuhkan.

Perjuangan orang tua, bapak dan ibu sangat layak, bahkan harus menjadi motivasi utama buat kamu bisa mengerjakan dan menyelesaikan skripsi sesegera mungkin.

Ingat juga, bahwa semakin lama kamu menyelesaikan tugas akhir tersebut, semakin lama pula bapak dan ibu harus mengeluarkan biaya lagi untuk kuliahmu.

Jadi, kamu harus benar-benar fokus dan konsentrasi, berjuang sekeras mungkin untuk menyelesaikan skripsimu, supaya bapak dan ibu bisa tersenyum bahagia, bahwa perjuangannya selama ini tidak sia-sia.

Baca Juga sob : 

  1. 2710 Kata kata romantis buat pacar yang jauh Disana
  2. Kumpulan Kata-Kata Bijak Penuh Motivasi Hidup
  3. Kata-Kata Sindiran Halus Untuk Teman atau Pacar

2. Jangan anggap revisi sebagai semata-mata sebuah kegagalan. Ingatlah bahwa setiap kegagalan adalah awal dari kesuksesan

gambar tentang skripsi
gambar via : catatanku.web.unej.ac.id

 

Mengerjakan skripsi pasti akan berurusan dengan yang namanya dosen pembimbing. Biasanya ada yang menyebut dosbing, DPS, atau ada yang penyebutannya dalam bahasa Inggris misal bachleor degree supervisor.

Apapun sebutannya, beliau adalah seorang dosen yang dipercaya untuk membantu dan membimbing kamu dalam menyusun skripsi.

Setiap dosen pembimbing tersebut punya cara, metode, dan model yang berbeda-beda dalam menangani setiap mahasiswanya.

Ada dosen yang begitu sulit ditemui, ada yang setiap saat bisa ditemui di kampus, ada yang koreksiannya akan membuatmu menangis dan menghela napas panjang, bahkan ada pula yang sangat mempercayai kemampuanmu sehingga tidak terlalu banyak hal yang akan dikoreksi.

Apapun kendalanya, setiap dosen pasti pernah merevisi, mengoreksi, membetulkan, memperbaiki apa yang ditulis oleh mahasiswa bimbingannya.

Biasanya karena penulisan yang kurang tepat secara teknis atau karena ada teori atau konten penulisan yang dirasa kurang, dimana hal tersebut dilakukan dalam rangka menyempurnakan skripsi yang kamu susun.

Beberapa mahasiswa akan mengalami revisi sampai berulang kali, namun beberapa lainnya hanya sekali, dua kali, tiga kali mengalami revisi.

Ingat, jangan pernah menganggap skripsi sebagai kegagalan dan lantas menilai dirimu sebagai mahasiswa yang tidak mampu. Kamu harus mendorong dirimu sendiri dengan mengatakan bahwa revisi tersebut diberikan karena dosen pembimbing menginginkan kamu lebih baik.

Berkatalah pada dirimu sendiri bahwa revisi tersebut adalah awal dari kesuksesanmu dan jadikan itu motivasi agar kamu lebih rajn lagi dalam mengerjakan skripsi.

3. Lihat dan ingat seberapa banyak teman dan sahabat dekat kamu yang sudah meraih gelar sarjana.

gelar sarjana
gambar via papasemar.com

 

Ini adalah salah satu cara yang cukup ampuh untuk mendorong kamu bisa mengerjakan dan menyelesaikan skripsi sesegera mungkin.

Teman dan sahabat kamu yang lulus duluan tentunya akan meninggalkan kampus satu persatu, memulai tahap kehidupan yang baru.

Tahap inilah yang akan membuatmu merasa risih atau bahkan malu ketika kamu tidak kunjung memperoleh gelar sarjana.

Ketika memulai mengerjakan skripsi seringkali mahasiswa membuat janji dengan teman, sahabat dekat untuk mengerjakan skripsi bersama, lulus dan wisuda di saat yang sama juga.

Kalau kamu tidak segera tancap gas mengerjakan skripsi, tentunya teman dan sahabatmu itu akan melesat jauh lebih dulu, meninggalkanmu di belakang. Inilah yang harus kamu jadikan motivasi supaya kamu tidak ketinggalan dari sahabat dan teman dekatmu.

4. Ingatlah kehidupan baru, kegiatan baru yang bisa kamu mulai ketika kamu sudah lulus.

mulai ketika kamu sudah lulus
gambar via id.jobsdb.com

 

Pernahkan kamu berpikir kehidupan seperti apa yang menantimu saat kamu sudah lulus dan mendapatkan gelar sarjana?

Apakah terbersit sejenak dalam benak bahwa ada kehidupan yang begitu indah, menantang, dan seru di luar sana yang menunggu kamu?

Jika belum pernah, maka ada baiknya kamu mulai membayangkan kehidupan itu.

Setelah kamu lulus mendapatkan gelar sarjana, kamu bisa menyusun rencana untuk memperoleh pekerjaan sesuai dengan apa yang kamu bayangkan.

Kamu bisa mulai untuk melamar pekerjaan dan mulai menghasilkan uang sendiri.

Berawal dari pendapatan kamu itu, bahkan kamu bisa membantu kedua orang tuamu, membiayai adik yang kamu miliki, bahkan menanbung untuk menggapai cita-citamu yang lain.

Mungkin juga di antara kamu ada yang sudah kebelet atau buru-buru ingin menikah karena merasa sudah mendapatkan pasangan belahan jiwa.

Maka, segeralah lulus supaya kamu bisa naik pelaminan. Kalau kamu ingin mencoba membuka usaha atau berjalan-jalan ke luar negeri, bahkan ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya, yaitu strata dua atau S2, maka kelulusanmu menjadi syarat utama.

Untuk itulah jadikan semua itu motivasimu untuk segera menyelesaikan skripsi dan memperoleh kelulusan.

Tidak ada manfaat lebih saat kamu menunda menyelesaikan skripsi. Jadikan tips di atas sebagai motivasi kamu dalam mengerjakan dan menyelesaikan skripsi. Jangan menyerah ya dan selamat menyelesaikan skripsi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *