Web Design vs Web Development: Berbeda, atau Sama?

  • Whatsapp
Web Development
Sumber gambar: freepik.com

Kebutuhan perusahaan akan web designer, dan web developer semakin meningkat. Sekilas kedua pekerjaan ini terlihat sama.

Namun, dalam sebuah perusahaan peran mereka dalam memberikan layanan mulai berubah seiring berkembangnya zaman.

Bukan hanya itu, jika kamu mempelajari lebih dalam tentang web designer, dan web developer, mereka memiliki beberapa aspek yang berbeda dalam proses pembuatan sebuah website.

Oleh sebab itu, bagi Anda yang ingin bekerja menjadi web designer, atau web developer wajib untuk memahami lebih jauh tentang dua hal tersebut agar kamu tidak salah memilih.

Lalu, apa sebenarnya arti dari web design, dan web development?

Web Design vs Web Development

Dalam esensinya, web design mengarah pada bagian estetis pada sebuah website, dan juga kegunaannya. Para desainer web menggunakan aplikasi untuk membantu pekerjaan desain mereka, seperti Adobe Photoshop, untuk membuat sebuah layout, dan elemen visual dari sebuah website

Lain halnya dengan web developer, mereka adalah orang yang memberikan, atau membuat sebuah web yang sudah di desain oleh desainer menjadi fungsional. Berbeda dengan desainer web, developer menggunakan aplikasi CSS, Javascript, HTML, PHP, dan banyak lagi, untuk membantu mereka memberikan fungsi terhadap sebuah web yang telah selesai di desain.

Apa itu Web Design?

Hal yang penting untuk seorang desainer website adalah memahami tujuan client untuk membuat sebuah website, dan merealisasikannya dalam Information Architecture (IA) untuk membantu desainer dalam proses mendesain sebuah website.

Setelah itu, desainer dapat memulai membuat sebuah wireframe, dan berlanjut kebagian desain. Para desainer dapat menggunakan beberapa desain basic untuk memberikan tampilan yang estetis pada layoutsebuah website.

Walaupun ini hanya desain basic, namun desain ini juga akan memberikan pengalaman terbaik bagi user yang menggunakannya. Dalam mendesain sebuah web, desainer juga harus memahami prinsip-prinsip mendesain agar desainnya terlihat baik. Prinsip mendesain akan dibahas di bawah ini.

Prinsip Mendesain

  1. Balance

Untuk menghasilkan layout yang enak di lihat, para desainer web dituntut untuk menciptakan balanced layout, atau layout yang seimbang.

Dalam web design ada istilah light untuk pemberian warna yang cerah, dan ukuran font kecil, dan juga istilah heavy untuk pemberian warna gelap, dan ukuran font yang besar.Memilih untuk memberikan light, atau heavy dalam tema sebuah website adalah hal yang sangat penting, sehingga desainer web harus mempertimbangkan beberapa aspek, agar halaman sebuah website terlihat bagus.

  1. Consistency

Consistency atau repetition, atau bisa juga disebut sebagai rhythm, adalah bagian yang juga takkalah penting dalam sebuah website.

Sebagai contoh, jika website tersebut memiliki navigasi yang konsisten, dan terlihat simple maka website tersebut akan memberikan pengalaman yang terbaik bagi user yang mengunjungi halaman website kamu.

  1. Contrast

Dalam ilmu pewarnaan, warna kontras adalah warna yang berseberangan dengan warna lainnya dalam lingkaranwarna. Desainer web juga wajib untuk memahami ini agar dapat memberikan warna kontras pada tempat yang tepat dalam layout website.

Kegunaan warna kontras dalam sebuah website bukan hanya untuk menghiasi website saja, namun juga melainkan untuk penanda sebuah section penting dalam website tersebut.

  1. Emphasis

Tidak berbeda jauh dengan contrast, emphasis tidak hanya digunakan untuk mempercantik desain sebuah website, namun juga akan membuat website terlihat memiliki fungsi. Emphasis adalah prinsip desain yang digunakan untuk member highlight sebuah elemen penting yang ada pada layout sebuah website.

  1. Unity

Unity adalah hal terakhir yang ada pada prinsip mendesain sebuah website, dan juga hal penentu apakah sebuah website terlihat lebih bagus, dan memiliki sebuah komposisi yang utuh.

Seperti yang dikatakan dalam Gestalt Theory, unity akan berhubungan langsung dengan otak manusia secara visual untuk mengelompokkan informasi dengan cara mengelompokkan beberapa elemen menjadi beberapa kategori.

Apa itu Web Development?

Orang yang bekerja menjadi web development disebut dengan web developer, atau programmer. Programmer akan menyelesaikan desain yang telah dikerjakan oleh desainer web, dan memberikan fungsi pada layout website tersebut.

Developer akan mengambil desain tersebut, dan akan membaginya menjadi beberapa komponen. Beberapa developer ahli akan menggunakan Content Management System (CMS) seperti WordPress, atau Joomla untuk memperlihatkan perkembangan desainnya secara streaming, sehingga client dapat melihat perkembangan baru websitenya secara mudah.

Developer juga dapat mengubah layout statis menjadi dinamis dengan menggunakan image and content sliders, mengaktifkan link, dan tombol, serta elemen-elemen lainnya.

Walaupun, pekerjaan menjadi web designer, dan programmer memakan waktu lama, dan tidak mudah, Domainesia memiliki solusi untuk kamu. Selain menyediakan Jual hosting murah premium, Domainesia juga menawarkan layanan untuk mendesain website, tersedia dari mulai desain blog, online shop, developer, dan forum.

Pos terkait