5 Tempat Destinasi Wisata di Klaten yang Menarik Untuk Kamu Kunjungi

0 23

Klaten merupakan salah satu kabupaten yang mempunyai destinasi wisata yang sangat bagus tepatnya ada di provinsi JawaTengah yang berbatasan langsung dengan Yogyakarta.

wisata di klaten sangat cocok untuk menghabiskan akhir pekan anda bersama pasangan atau keluarga,

Apakah kamu tahu bahwa Klaten juga memiliki banyak tempat wisata unik dan menarik yang tidak kalah dengan tempat-tempat wisata di Yogyakarta?

Nah, berikut ini daftar 5 destinasi wisata di Klaten yang tidak boleh kamu lewatkan begitu saja ketika kamu mengunjungi ataupun sekedar melewati daerah Klaten. Check this out.

Baca juga gan :

  1. Nikmati Alam Jawa Barat Di Tempat Wisata Puncak
  2. Cerita Hantu Jepang Asli Alias Nyata Menyeramkan
  3. 2710 Kata kata romantis buat pacar yang jauh Disana
  4. Agar Lipstik Tahan Lama Supaya Tahu Baca Tipsnya Berikut Ini

DI bawah ini adalah 5 wisata di klaten

1. Pengen snorkelingdan diving tapi takut terseret ombak? Datang aja ke Umbul Ponggok dijamin aman deh,

Umbul Ponggok
gambar via www.catatanhariankeong.com

 

Buat kamu yang pengen nyoba diving maupun snorkeling tetapi takut jika sewaktu-waktu terseret ombak, datang aja ke Umbul Ponggok Klaten.

Tempat ini sangat cocok buat kamu yang masih pemula di dunia selam menyelam. Kamu juga gak perlu khawatir, karena di Umbul Ponggok ini tidak ada ombak sama sekali.

Umbul Ponggok merupakan kolam sumber mata air alami yang dikembangkan oleh masyarakat sekitar menjadi tempat wisata air yang terkenal dan diminati oleh para traveller.

Umbul ponggok ini juga sering digunakan untuk latihan diving oleh para mahasiswa yang tergabung dalam UKM selam.

Dasar kolam Umbul Ponggok ini masih sangat alami yang berupa hamparan pasir, bebatuan, dan ribuan ikan warna-warni yang membuat kamu seolah-olah benar-benar berada di bawah laut.

Walaupun banyak ikan di dasar kolam, air di Umbul Ponggok ini tidak berbau amis karena airnya mengalir terus.

Destinasi wisata ini terletak di Desa Ponggok, Kec. Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah. Umbul Ponggok selalu buka setiap hari dari pukul 07.00 hingga pukul 17.00 WIB.

Untuk masuk ke Umbul Ponggok kamu cukup merogoh kocek sebesar Rp 5.000 per orang untuk tiket masuknya.

Jika kamu ingin menyewa peralatan snorkeling, kamu cukup membayar sebesar Rp 5.000 untuk kaki katak, Rp 10.000 untuk snorkel, Rp 5.000 untuk pelampung, dan Rp 5.000 untuk ban. Cukup terjangkau bukan?

Jika kamu ingin mengabadikan fotomu di dalam air tetapi tidak memiliki kamera underwater, kamu bisa menyewa kamera underwater seharga Rp 60.000 untuk 30 menit dan Rp 100.000 untuk 1 jam.

2. Water boom di sungai? Emang ada? Ada dong, datang aja ke Umbul Cokro

Water Boom di klaten
gambar via www.evanazka.com

 

Kamu pengen maen di Water Boom yang berbeda? Umbul Cokro merupakan pilihan yang paling tepat untuk bisa kamu kunjungi.

Destinasi wisata ini terletak di Desa Cokro, Kec. Tulung, Klaten, Jawa Tengah.

Umbul Cokro merupakan lokasi wisata yang tampak sangat alami dan berbeda dengan tempat wisata air pada umumnya.

Di Umbul Cokro kamu bisa menikmati berbagai fasilitas seperti water sliding, flying fox, taman air, pancuran, kolam bermain, dan gazebo.

Untuk menikmati wisata air yang ada di Umbul Cokro, kamu harus membayar tiket masuk sebesar Rp 11.500 per orang di hari liburan.

Sedangkan di hari biasa kamu cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 15.000 untuk 2 orang.

Related Posts
1 of 4

Tiket tersebut sudah termasuk asuransi dan juga kamu bisa menikmati semua wahana air yang ada tanpa harus membayar lagi.

Tetapi jika kamu ingin mencoba untuk menikamti wahana flying fox, kamu harus membayar lagi sebesar Rp 15.000. Kamu juga bisa bersantai-santai di gazebo yang ada di sekeliling Umbul Cokro tersebut.

3. Menikmati eksotisme Rowo Jombor

Rowo Jombor

 

Rowo Jombor atau yang biasa dikenal dengan nama Jimbung ini berada di Desa Krakitan, Kec. Bayat, Klaten, Jawa Tengah.

Rowo Jombor merupakan waduk yang dikelilingi oleh warung apung yang bisa kamu gunakan untuk mengagumi pemandangan yang ada di sekelilingnya sambil menikamati masakan seafood yang tersedia di warung-warung apung tersebut.

Sebelum masuk ke kawasan wisata Rowo Jombor tersebut kamu harus membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 saja.

Untuk sampai di warung apung kamu harus menaiki gethek (rakit). Selain itu, kamu juga bisa menaiki bebek air untuk sekedar berkeliling-keliling menikmati pemandangan yang ada di sana.

Bagi anak-anak juga disediakan berbagai wahana permainan di sana.

4. Mau tahu sejarah bagaimana gula dibuat? Datang yuk ke museum gula Gondang Winangoen

Gondang Winangoen 1
gambar via tempatwisatadaerah.blogspot.com

 

Gula memang sudah tidak asing lagi bagi kita karena hampir setiap hari kita mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung gula.

Tapi apakah kamu tahu bagaimana awal mulanya gula ini dibuat? Jika kamu penasaran alias kepo gimana sih kok bisa tebu dibuat menjadi butiran-butiran gula, ayok datang aja ke Museum Gula Gondang Winangoen Klaten. Pasti kepomu terobati deh hehe.

Museum Gula Gondang Winangoen Klaten merupakan satu-satunya Museum Gula yang ada di Asia Tenggara.

Tiket masuk ke Museum Gula ini cukup murah, yaitu Rp 5.000 per orang. Lokasi Museum Gula ini cukup strategis karena berada di Jalan Jogja-Solo.

Jika dari Candi Prambanan, kamu cukup menempuh waktu sekitar 10 menit untuk sampai ke Museum Gula dan jika kamu dari kota Klaten, kamu cukup menempuh waktu sekitar 8 menit untuk sampai ke museum.

Di dalam museum, kamu dapat melihat beberapa alat sederhana yang digunakan untuk bercocok tanam tebu, jenis-jenis tebu dari seluruh perkebunan yang ada di Jawa Tengah, mesin tradisional yang digunakan untuk menggiling tebu, mesin penakar kualitas gula, dan lain sebagainya.

5. Jangan lupa untuk wisata religi di makam Sunan Pandanaran

makam Sunan Pandanaran
gambar via www.log.viva.co.id

Lokasi makam Sunan Pandanaran (Sunan Bayat) ini berada di Desa Paseban, Kec. Bayat, Klaten, Jawa Tengah. Kompleks makam tersebut berada di atas sebuah bukit yang dikenal sebagai Bukit Jabalkat (sekitar 860 mdpl).

Makam Sunan Pandanaran ini selalu dikunjungi oleh masyarakat sekitar maupun pengunjung dari luar daerah untuk sekedar berziarah.

Nama Sunan Pandanaran memang sudah terkenal di antara para wali, meskipun beliau tidak termasuk dalam Wali Songo.

Namun, banyak yang menganggap bahwa Sunan Pandanaran merupakan sunan yang ke sepuluh.

Untuk mencapai lokasi makam tersebut, kamu harus menaiki ratusan anak tangga yang cukup melelahkan dari lokasi kamu memarkirkan kendaraan.

Namun, jika kamu tidak mau bersusah payah menaiki ratusan anak tangga tersebut, maka kamu bisa menggunakan jasa tukang ojek yang siap mengantarmu sampai ke atas dengan melewati jalan melingkar di sebelah timur Bukit Jabalkat, melewati jalan di tengah pemukiman penduduk.

Oke, dari kelima tempat wisata yang paling recommended di Klaten tersebut kira-kira yang mana yang akan kamu kunjungi untuk mengisi liburan panjangmu ataupun sekedar mengisi waktumu di saat weekend datang?

Ngapain jauh-jauh liburan ke luar negeri kalau banyak tempat wisata di indah dan menawan Indonesia, bahkan yang dekat dengan tempat tinggalmu saja belum kamu kunjungi.

Ayo berkontribusilah dalam melestarikan dan mempromosikan tempat-tempat wisata yang ada di Indonesia dan ajaklah teman-temanmu untuk mengunjunginya karena wisata Indonesia tidak kalah dengan wisata yang ada di luar negeri sana.

Leave A Reply

Your email address will not be published.